Manajemen Perguruan Tinggi Teologi

Authors

  • Tiur Imeldawati Sekolah Tinggi Teologi Injili Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.2500/kerugma.v1i1.6

Abstract

Perguruan tinggi teologi merupakan bagian dari pendidikan yang dikelola di negeri Indonesia. Sebagai wadah yang turut ambil bagian dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, maka perguruan tinggi teologi juga perlu dikelola dengan sebaik mungkin. Pengelolaan yang dimaksud adalah dalam segala aspek yang kerap disebut manajemen perguruan tinggi. Hal ini penting mengingat tantangan yang besar bagi setiap institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu dan berhasil dalam persaingan yang ketat. Perguruan tinggi Kristen sudah semestinya membenahi diri agar tidak tercecer semakin jauh dalam persaingan yang ada.   Manajemen perguruan tinggi memiliki hubungan kuat dengan output yang dihasilkan. Stakeholder selalu mengharapkan yang terbaik dari institusi pendidikan, yakni mereka yang siap pakai di bidang masing-masing. Bukan hanya siap pakai secara skill atau keterampilan semata, namun sekaligus juga dalam integritas diri. Perguruan tinggi teologi memiliki tanggung jawab dalam mengelola semua aspek yang diperlukan untuk menghasilkan para lulusan yang berkualitas.

References

Berkhof, Louis. Dasar-dasar Pendidikan Kristen. Peny. Dennis E.Johnson. Surabaya: Momentum, 2013.

Brummelen, Harro Van. Dasar-dasar Pendidikan Sekolah Kristen. Surabaya: ACSI, 2012.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. Qantum Learning peny. Alwiyah Abdurahman. Bandung: Kaifa, 2007.

Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Imron, Ali. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakara: Bumi Aksara, 2011.

Indrajit, R. Eko dan R.Djokopranoto, Manajemen Perguruan Tinggi. Yogyakarta: ANDI Offset, 2006.

Koesoema A, Doni. Pendidikan Karakter-Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.

Lewier, Ferry C. “Manajemen PAK bagi Pemuda/Mahasiswa Menyongsong dan Memasuki Abad Ke-21†dalam Ajarlah Mereka Melakukan. Peny. Andar Ismail, 2009.

Tim Pakar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. Manajemen Pendidikan. Peny. Ali Imron, Maisyaroh, Burhanuddin. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang, 2003.

Moore, William S. “Student and Faculty Epistemology in the College Classroom†dalam Handbook of College Teaching. Peny.

Keith W. Prichard and R.McLaran Sawyer. USA: Greenwood Press, 1994.

Samarenna, Desti, and Harls Evan R. Siahaan. “Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4 : 12 Bagi Mahasiswa Teologi.†BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 1–13. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/60.

Siahaan, Harls Evan R. “Merefleksikan Konsep Proto-Logos Lukas Dalam Membangun Dan Meningkatkan Kegiatan Publikasi Ilmiah Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi.†BIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 2 (2018): 138–152. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia.

Sukardjo, M. dan Ukim Komarudin, Landasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran . Jakarta: Qantum Teaching,2005.

Tim Pakar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang, Manajemen Pendidikan. Peny. Ali Imron,

Westwood, Peter. What Teachers Need to Know Abaout Teaching Methods. Camberwell, Acer Press, 2008.

Wiryoputro, Sugiyanto. Dasar-dasar Manajemen Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Yamin, Martinis dan Maisah, Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Imeldawati, T. (2019). Manajemen Perguruan Tinggi Teologi. KERUGMA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 61–74. https://doi.org/10.2500/kerugma.v1i1.6

Issue

Section

Articles